Google+ Followers






Makalah Tentang Perjuangan Diplomasi Di Indonesia

Makalah Tentang Perjuangan Diplomasi Di Indonesia -

 Makalah Tentang Perjuangan Diplomasi Di Indonesia- Assalamualaikum sekarang Ncofies mau bagi-bagi ma anak yang punya tugas sejarah nih......
 Judul Nya Makalah Tentang Perjuangan Diplomasi Indonesia.......
langsung Aja chek in ke bawah ini....hehehe


                                                                                                                                       
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadiran Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidyahNya kepada kita semua sehingga Makalah ini dapat kami selesaikan pada waktunya. Walaupun hasilnya masih jauh dari apa yang menjadi harapan pembimbing. Namun sebagai awal pembelajaran dan agar menambah spirit dalam mencari pengetahuan yang luas.

Terimakasih kami ucapkan kepada Ibu dan bapak guru yang membimbing kami.Tanpa bimbingan dari beliau mungkin saya tidak akan dapat menyelesaikan tugas ini sesuai dengan format yang berlaku. Kesalahan yang terdapat di dalam jelas ada. Namun bukanlah kesalahan yang tersengaja melainkan karena khilafan dan kelupaan. Dari kesemua kelemahan kami kirannya dapat dimaklumi.

Terimakasih kami ucapkan pula kepada teman-teman yang telah memberikan banyak saran dan pengetahuannya sehingga menambah hal baru bagi kami. Terutama sumbangannya dalam hal materil berupa referensi mengenai makalah ini.

Demikian, semoga hasil pengkajian ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan menambah referensi yang baru sekaligus ilmu pengetahuan yang baru pula, amien…!!!

DAFTAR ISI

Halaman Judul …………………………………………………………………………………..
Kata Pengantar ………………………………………………………………….…………………1
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….....2
BAB I PENDAHULUAN:
  • Latar Belakang …………………………………………………………………………3
  • Rumusan Masalah ...………………………………………………….………...…4 
  • Tujuan ………….…………..…………………………………………….………………4  
BAB II PEMBAHASAN:…………………………………………………………………………..4
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN ………………………………..…………………….……………. ……………….5

BAB I PENDAHULUAN
I.I LATAR BELAKANG
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 bukanlah akhir perjuangan bangsa Indonesia. Akan tetapi, ia adalah awal perjuangan baru bangsa ini dalam membangun sebuah tatanan berbangsa dan bernegara. Sebuah negara berdiri bukan hanya berdasarkan wilayah, namun juga membutuhkan perangkat pemerintahan, dan yang terpenting adalah pengakuan kedaulatan dari negara lain. Karena pada hakikatnya (seperti halnya manusia sebagai makhluk sosial), dalam kehidupan bernegara juga membutuhkan negara lain agar bangsa dan negara ini dapat bergaul dan tidak terkucilkan dalam hubungan internasional. Pasca proklamasi, Indonesia berupaya untuk mempertahankan kedaulatan sebagai bangsa yang merdeka. Indonesia coba membuktikan bahwa proklamasi yang telah dilakukan bukanlah isapan jempol semata, akan tetapi merupakan cita-cita yang akan dibuktikan dengan realita. Tribulasi pasca proklamasi berkutat dalam upaya diplomasi. Peperangan memang tidak bias dielakkan, tetapi upaya diplomasi juga tidak boleh dilupakan. Dua bentuk perjuangan itu terus dilakukan dengan konsisten. Fokus pembahasan makalah ini akan lebih banyak menyoroti perjuangan diplomasi.
3Perjuangan diplomasi Indonesia dilakukan dari berbagai sisi berdasarkan target dan sasaran yang telah ditentukan. Perundingan dan perjanjian dengan Belanda terus dilakukan tidak kenal lelah, karena bangsa Indonesia memang membutuhkan pengakuan kedaulatan tersebut. Namun di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan pengakuan negara lain sebagai sebuah legitimasi kedaulatan. Hal itulah yang diperjuangkan para diplomat Indonesia pada saat itu.


I.II RUMUSAN MASALAH
            A. Apakah yang dimaksud dengan perjuangan diplomasi?
            B. Bagaimana diplomasi pasca proklamasi kemerdekaan?
            C.Apa saja cara mempertahankan kemerdekkan selain dengan cara diplomasi?
I.III TUJUAN
            A. Mengetahui apa itu perjuangan diplomasi.
            B. Mengtahui diplomasi pasca kemerdekaan.
BAB II PEMBAHASAN
A.    Apakah yang dimaksud dengan perjuangan diplomasi?
Perjuangan diplomasi adalah perjuanga yang dilakukan dengan cara melakukan perundingan dengan sekutu(belanda) untuk mendapatkan hak dan kewajiban(hukum-hukum).  Contohnya Indonesia juga mengadakan perundingan langsung dengan Belanda. Berbagai perundingan yang pernah dilakukan untuk menyelesaikan konflik Indonesia- Belanda misalnya: Perundingan Linggarjati, Perjanjian Renville, Persetujuan Roem-Royen, Konferensi Inter-Indonesia, dan Konferensi Meja Bundar. Nah dari perundingan itu muncullah salah satu kebijakan yaitu terbentuknya Republik Indonesia Serikat(RIS) dan masih banyak lainnya.





4

B.      Bagaimanakah diplomasi pasca proklamasi kemerdekaan?

Pasca Poklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia mengalami berbagai tantangan dan ujian sebagai sebuah negara baru. Perang dan diplomasi adalah dua jalan yang dilakukan dalam upaya pengakuan kemerdekaan dan kedaulatan RI. Berbagai perundingan dan perjanjian untuk mencapai cita-cita tersebut dilakukan terus menerus tidak pernah menyerah dan putus asa. Kondisi dalam negeri juga mempengaruhi upaya yang dilakukan. Dimulai dengan kedatangan pasukan sekutu/Inggris pada tanggal 29 September 1945. pada awalnya, kedatangan pasukan tersebut disambut dengan baik dan netral oleh pihak Indonesia. Tetapi, akhirnya diketahui bahwa pasukan itu juga membawa orang-orang NICA sehingga menimbulkan kecurigaan akan upaya Belanda untuk menjajah/mengambil kekuasaan mereka kemabali. Namun hal tersebut juga sudah diantisipasi oleh pasukan sekutu, karena walau bagaimanapun mereka tidak bias melakukan tugasnya dengan baik tanpa bantuan pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, pihak sekutu melakukan perundingan dengan pihak Indonesia yang mengahasilkan keputusan mengenai pengakuan Republik Indonesia secara de facto pada tanggal 1 Oktober 1945.

C.    Apa saja yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan selain dengan cara diplomasi
 Mencari dukungan internasional: Perjuangan mencari dukungan internasional lewat PBB dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tindakan langsung dilakukan dengan mengemukakan masalah Indonesia di hadapan sidang Dewan Keamanan PBB. Tindakan tidak langsung dilakukan melalui pendekatan dan hubungan baik dengan negara-negara yang akan mendukung Indonesia dalam sidang-sidang PBB
Perang: perjuangan Indonesia disini awalnya Indonesia tidak curiga terhadap sekutu namun sekutu ketahuan membawa tentara NICA sehingga di Indonesia terjadi berbagai macam perang seperti: Bandung lautan api,Ambarawa,arek-arek Surabaya dan lain-lain
BAB III PENUTUP
                                                                  Kesimpulan
           Setelah Indonesia telah nerdeka ternyata perjuangan nya masih belum berhenti. Bangsa Indonesia masih harus berjuang mempertahankannya yaitu dengan cara perang,perundingan dan mencari dukungan di Negara lain. Khususnya untuk mempertahankan proklamasi dengan diplomasi ini dilakukan perundingan-perundingan sehingga menciptakan kebijakan baru yang berpengaruh pada bangsa Indonesia. Contoh-contoh perundingan tersebut ialah: Perundingan Linggarjati, Perjanjian Renville, Persetujuan Roem-Royen, Konferensi Inter-Indonesia, dan Konferensi Meja Bundar.



Maaf yah kalo gak bermanfaat......salm bahagia selalu to you.....

0 komentar:

Poskan Komentar