Google+ Followers






Persamaan Akuntansi Dan Transaksi Keuangan

Persamaan Akuntansi Dan Transaksi Keuangan -

Transaksi Keuangan
Akuntansi sangat berkaitan dengan transaksi keuangan. Transaksi keuangan adalah kegiatan ekonomi suatu unit organisasi, atau kejadian yang menyangkut unit organisasi yang diukur dengan jumlah uang atau rupiah dan dicatat dalam sistem akuntansi. Transaksi keuangan dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1. Transaksi eksternal adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak luar, contohnya pembelian bahan baku, penjualan barang, dan pembayaran utang.
2. Transaksi internal adalah transaksi yang terjadi di dalam unit perusahaan. Contohnya penyusutan aktiva tetap, pemakaian bahan baku dan sebagainya.

Persamaan Akuntansi
Konsep persamaan akuntansi merupakan hal yang paling mendasar dari struktur akuntansi. Mengapa? Karena, semua pencatatan transaksi hingga berbentuk laporan keuangan berangkat dari konsep ini. Dengan konsep inilah kita dapat mengetahui pengaruh dari suatu transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan. Pada gilirannya, persamaan transaksi memungkinkan pihak pemakai informasi akuntansi menilai suatu perusahaan. Menurut persamaan akuntansi, harta perusahaan pada dasarnya merupakan hak dari pihak lain yang dalam hal ini termasuk pemilik perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki kewajiban (utang), maka seluruh harta perusahaan akan menjadi hak pemilik, yang dapat dinyatakan sebagai berikut.

1. Keseimbangan antara Harta dan Modal
Harta merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan dan merupakan sumber pembelanjaan untuk melaksanakan kegiatan usaha. Harta harus sama atau seimbang dengan sumber pembelanjaan. Sumber pembelanjaan yang diperoleh dari pemilik disebut modal. Keseimbangan atau kesamaan harta dan modal biasanya dinyatakan dalam suatu persamaan akuntansi sebagai berikut:
Harta = Modal

2. Harta Sama dengan Utang Ditambah Modal
Sumber pembelanjaan dalam kegiatan usaha dapat diperoleh dari dua sumber, yaitu:
a. Dari pemilik yang disebut modal:
b. Dari kreditor yang disebut utang, karena menimbulkan suatu kewajiban untuk mengembalikan. Sehingga, persamaan akuntansinya adalah:
Harta = Utang + Modal
Dalam operasi usaha dimungkinkan adanya pendapatan dan beban. Pendapatan merupakan kenaikan harta yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa, sedangkan beban merupakan penurunan harta karena merupakan pengorbanan untuk memperoleh pendapatan.

3. Pengaruh Transaksi Keuangan terhadap Persamaan Akuntansi
Setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan akan memengaruhi persamaan akuntansi. Pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi dapat mengakibatkan penambahan atau pengurangan dalam beberapa komponen. Perubahan-perubahan yang terjadi adalah:
a. Perubahan harta diikuti dengan perubahan harta lain dalam jumlah yang sama. Contoh transaksinya yaitu:
1) Pembelian barang habis pakai, peralatan, gedung, tanah, dan lain-lain secara tunai
2) Penerimaan piutang dagang
3) Penjualan aktiva tunai

b. Perubahan harta diikuti perubahan utang atau sebaliknya dalam jumlah yang sama. Contoh transaksinya yaitu:
1) Pembelian harta secara kredit
2) Pembayaran utang
3) Menerima pinjaman uang dari kreditor

c. Perubahan harta diikuti dengan perubahan modal dalam jumlah yang sama. Contoh transaksinya yaitu:
1) Investasi oleh pemilik
2) Penerimaan pendapatan
3) Pembayaran beban
4) Penarikan modal oleh pemilik

d. Perubahan harta diikuti dengan perubahan piutang dan modal dalam jumlah yang sama.

100out of 100 based on 99995 ratings. 1 user reviews.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog